Official Website Kemenag Kota Probolinggo
SHARE :

Suguhan Wisudawan Tahfidz Yanbu’a I, TPQ Hidayatul Ula Pukau Audien

26
06/2024
Kategori : Berita Kankemenag Kota Probolinggo / Penddikan Diniyah dan Ponpes / Pendidikan Madrasah
Komentar : 0 komentar
Author : humaskemenag


Suguhan Wisudawan Tahfidz Yanbu’a I,  TPQ Hidayatul Ula Pukau Audien

Kota Probolinggo (HUMAS) — Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Ula melalui lembaga Taman Pendidikan Qur’annya menggelar Khotmil Qur’an Yanbu’a I dan Wisuda Tahfidz Juz 30 Angkatan III, bertempat di halaman MI Hidayatul Ula, Rabu (26/6/2024).

Hadir dalam giat tersebut Plt. Kepala Kantor Ahmad Zaini didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Probolinggo, Tokoh Masyarakat, Dewan Guru dan Wali Santri
Dalam gelaran tersebut audien mendapatkan suguhan memukau dari para wisudawan, mulai hafalan dengan bacaan tartil juz 30 dengan lancar, ketepatan pelafan huruf-hurufnya, bagus tajwid dan qhoribnya, dan bahkan mampu menjawab setiap yang diajukan secara oleh audien.

Musyarofah Ubaidi selaku Kepala MI menginformasikan bahwa peserta wisuda Tahfidz juz 30 angkatan ke III ini berjumlah 9 orang, dan program dengan metode Yanbu’a ini telah berjalan dua tahun, terangnya.

Metode Yanbu’a Sanad dari Kyai Ulin ini merupakan panduan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an yang disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran Al Qur’an dari mengenal huruf hijaiyyah, membaca kemudian menulis huruf hijaiyyah dan akhirnya mengetahui kaidah atau hukum-hukum membaca Al Qur’an yang disebut tajwid. Selain itu, dalam kitab Yanbu‟a juga diperkenalkan bacaan yang sulit atau asing yang disebut Gharib,” terang Musyarofah.

Plt. Kepala Kankmeneg Ahmad Zaini saat memberikan sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas kerja keras MI Hidayataul Ula yang telah mengembangkan dan mensinergikan TPQ yang menjadi satu kesatuan dengan MI, dan ini dibuktikan dengan penampilan yang telah kita lihat serta dengarkan bersama penampilan dari anak-anak tadi, ungkapnya.

Yang diwisuda dan yang masih akan diwisuda inilah generasi qur’ani, merupakan cahaya yang akan menerangi serta generasi Qurani yang selalu menginspirasi dan memberikan manfaat bagi orang lain,’’aamiin.

Terima kasih kepada para guru yang tiada henti, terus menumbuh kembangkan anak-anak ini dengan jiwa-jiwa qurani, dan kepada orang tua kami berharap untuk selalu melihat, meberikan kontrol atas perkembangan anak-anak di rumah, harap Zaini.

Madrah Hidayatul Ula ini adalah salahsatu Madrasah yang perkembangannya cukup pesat. Meskipun tempatnya di pinggiran namun menjadi idola dan yang sangat membanggakan dari prestasi-prestasi yang dihasilkan, serta Pengembangan Ilmu Al-Qur’an berjalan sangat baik, pungkasnya. (Rief)

 

Editor : Ansori.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar

Butuh Bantuan Kami?